PROLOG HUMAS DPRD KAB. PASER

ADVERTISING

Kamis, 21 November 2013

RIDHAWATI SURYANA KUNJUNGI PARA LANSIA



image

Tampak ridhawati suryana melakukan pengecekan statistik dengan tenaga kesehatan setempat ditempat para lansia


Tana Paser, 19/11 Seiring dengan berkembangnya Indonesia sebagai salah satu negara dengan  tingkat perkembangan yang cukup baik, maka makin tinggi pula harapan hidup penduduknya. Diperkirakan harapan hidup orang Indonesia dapat mencapai 70 tahun pada tahun 2000. Kesejahteraan penduduk usia lanjut karena kondisi fisik dan/atau mentalnya tidak memungkinkan lagi untuk berperan dalam pembangunan, maka lansia perlu mendapat perhatian khusus dari pemerintah dan masyarakat (GBHN, 1993).
Pada lansia sering dijumpai terjadinya perubahan perilaku diantaranya: daya ingat menurun, pelupa, sering menarik diri, ada kecendrungan penurunan merawat diri, timbulnya kecemasan karena dirinya sudah tidak menarik lagi, lansia sering menyebabkan sensitivitas emosional seseorang yang akhinya menjadi sumber banyak masalah. Selain mengalami kemunduran fisik lansia juga mengalami kemunduran mental. Semakin lanjut seseorang, kesibukan soialnya akan semakin berkurang dan dapat mengakibatkan berkurangnya intregrasi dengan lingkungannya.Tegas ridhawati.
Ridhawati juga menambahkan “Adapun program kesehatan masyarakat yang ada di Indonesia yang diperuntukkan khusunya bagi lansia adalah JPKM yang merupakan salah satu program pokok perawatan kesehatan masyarakat yang ada di puskesmas sasarannya adalah yang didalamnya ada keluarga  lansia. Perkembangan jumlah keluarga yang terus menerus meningkat dan banyaknya keluarga yang berisiko tentunya menurut perawat memberikan pelayanan pada keluarga secara professional, salah satu strateginya adalah Jaminan Pemeliharan Kesehatan Masyarakat (JPKM). Dengan strategi ini diharapkan lansia mendapatkan yang baik dan perhatian yang selayaknya. Dalam kegiatan kali ini juga para lansia diberikan pemeriksaan kesehatan gratis, dan pemberian makanan, mendengarkan keluhan para lansia adapun kegiatan tersebut bertempat di desa kerta bakti kecamatan long ikis. (hms/ws)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar